Tugas Minggu 4 - Alpro 2 - SI UNIPDU
INHERITENCE DALAM BAHASA JAVA
Pada titik ini, Kita perlu untuk membedakan inheritance dan interface. Interface atau antarmuka hanya mendefinisikan struktur anggota kelas sementara kelas yang diwariskan menyertakan kode kelas super yang sebenarnya. Selain itu, inheritance atau lebih tepatnya disebut juga sebagai definisi subclass menggunakan kata kunci extends dalam deklarasi subclass.
Persyaratan ketika ingin menggunakan Inheritence dalam Program Java
1. Class
Class atau kelas adalah sekelompok objek yang memiliki properti umum. Ini adalah templat atau cetak biru dari mana objek dibuat.
2. Subclass / Child Class
Subclass atau Child Class adalah kelas yang mewarisi kelas lain. Ini juga disebut kelas turunan, kelas diperpanjang, atau kelas anak.
3. Super Class / Parent Class
Superclass adalah kelas tempat subkelas mewarisi fitur. Ini juga disebut kelas dasar atau kelas induk.
4. Usabilitas
Sesuai namanya, usabilitas adalah mekanisme yang memfasilitasi Anda untuk menggunakan kembali kolom dan metode kelas yang ada saat Anda membuat kelas baru. Anda dapat menggunakan kolom dan metode yang sama yang telah ditentukan di kelas sebelumnya.
Contoh Program Java Inheritence, Diumpamakan Dalam Bentuk Program Bangun Datar
1. Class Bangun Datar(Superclass)
public class BangunDatar {
//Deklarasi Variabel
float luas, keliling;
float luas(){
System.out.println("Menghitung luas bangun datar");
return 0;
}
float keliling(){
System.out.println("Menghitung keliling bangun datar");
return 0;
}
}
2. Class untuk Persegi(Subclass)
public class ClassPersegi extends BangunDatar {
int panjang = 4;
int lebar = 4;
int sisi;
@Override
float luas(){
return this.sisi * this.sisi;
}
@Override
float keliling(){
return this.panjang * this.lebar;
}
}
3. Class untuk Lingkaran(Subclass)
public class ClassLingkaran extends BangunDatar {
float r;
double phi = 3.14;
@Override
float luas(){
return (float) (phi * this.r * this.r);
}
@Override
float keliling(){
return (float) (2 * phi * this.r);
}
}
4. Class untuk Persegi Panjang(Subclass)
5. Class untuk Segitiga(Subclass)public class ClassPersegiPanjang extends BangunDatar { int panjang; int lebar; @Override float luas(){ return this.panjang * this.lebar; } @Override float keliling(){ return (float) (2 * this.panjang + this.lebar); } }public class ClassSegitiga extends BangunDatar { float alas; float tinggi; int sisi; @Override float luas(){ return (float) (0.5 * this.alas * this.tinggi); } @Override float keliling(){ return this.sisi * this.sisi * this.sisi; } }6. Class Main
public class ClassMain {
public static void main(String args[]){
// Objek Bangun Datar
BangunDatar bangunDatar = new BangunDatar();
// Objek Persegi
ClassPersegi persegi = new ClassPersegi();
persegi.sisi = 2;
// Objek Lingkaran
ClassLingkaran lingkaran = new ClassLingkaran();
lingkaran.r = 22;
// Objek Persegi Panjang
ClassPersegiPanjang persegiPanjang = new ClassPersegiPanjang();
persegiPanjang.panjang = 8;
persegiPanjang.lebar = 4;
// Objek Segitiga
ClassSegitiga segitiga = new ClassSegitiga();
segitiga.alas = 12;
segitiga.tinggi = 8;
segitiga.sisi = 5;
// Calling method
bangunDatar.luas();
bangunDatar.keliling();
System.out.println("----------------------------------------------------");
persegi.luas();
persegi.keliling();
System.out.println("Hasil luas persegi : "+persegi.luas());
System.out.println("Hasil keliling persegi : "+persegi.keliling());
System.out.println();
lingkaran.luas();
lingkaran.keliling();
System.out.println("Hasil luas lingkaran : "+lingkaran.luas());
System.out.println("Hasil keliling lingkaran : "+lingkaran.keliling());
System.out.println();
persegiPanjang.luas();
persegiPanjang.keliling();
System.out.println("Hasil luas persegi panjang : "+persegiPanjang.luas());
System.out.println("Hasil keliling persegi panjang : "+persegiPanjang.keliling());
System.out.println();
segitiga.luas();
segitiga.keliling();
System.out.println("Hasil luas segitiga : "+segitiga.luas());
System.out.println("Hasil keliling segitiga : "+segitiga.keliling());
}
}
Komentar
Posting Komentar